Pengalaman Kegiatan

Pengalaman Kegiatan 5 Tahun Terakhir

LPPM-P3KHAM UNS

Tahun 2009

  1. Obrolan Konstitusi di TA TV Merupakan kegiatan rutin P3KHAM padasetiap  malam minggu ke-3  di Studio TA TV, pada pukul 21.00 – 22.00 WIB
  2. Obrolan Konstitusi Di RRI hari jumat malam setiap minggu ke empat pada pukul 20.00 – 21.00 WIB
  3. Penerbitan Jurnal “Voice of Constitution and Human Right” Volume 2 Nomor 2 Februari 20089 Volume 2 Nomor 3 Juni 2009.
  4. Penandatanganan MoU Pengawasan Pemilu Berbasis Masyarakat antara Panwaslu Kota Surakarta dengan Kepala P3KHAM, yang dihadiri oleh Kepolisian, Kejaksaan, KPU, Panwaslu, dan Parpol Kota Surakarta, dan Peer GroupP3KHAM.
  5. Sabtu, 21 Februari 2009. Workshop dengan tema “Peningkatan Kompetensi Calon Legislatif sebagai Peserta Pemilu Tahun 2009.
  6. Sabtu, 28 Februari 2009, Penyelenggaraan Sosialisasi Putusan MPR RI Tahun 2009. Merupakan Sosialisasi Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 dan Ketetapan MPR RI dengan 2 narasumber yaitu Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, M.Si. dan H. Mutammimul ‘ula, S.H. (Sekretariat Jenderal MPR RI), yang dihadiri oleh dosen UNS, mahasiswa UNS, Peer Group P3KHAM, dan wartawan.
  7. Pertemuan Koordinasi Mahkamah Konstitusi RI dengan Fakultas Hukum dan Pusat Kajian Konstitusi se- Indonesia. Di The Sulthan Hotel Jakarta.
  8. Seminar Nasional kerjasama antara Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II dengan P3KHAM dan Tax Centre LPPM Universitas Sebelas Maret, dengan 3 narasumber yaitu Drs. Surjotamtomo Soedirdjo, M.A., M.Hum (Kepala Kanwil DJP JawaTengah II) tentang Pajak dan Pembangunan, Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. (Pakar Hukum Pajak UNS) tentang Model Peningkatan Kesadaran Warga Negara Terhadap Pembayaran Pajak, dan Asruddin, SP (KPP Pratama Sukoharjo) tentang Sosialisasi Pengisian SPT, dengan moderator Drs. Eko Arief Sudaryono, M.Si., Ak., BKP, yang dihadiri oleh guru-guru SD/ MI, SMP/ STM, SMA/ MAN se-Solo Raya (Subosukowonosraten), mahasiswa UNS, dan dosen UNS.
  9. Sosialisasi, Eksplorasi, dan Aspirasi Pemilu 2009 untuk Intelektual Muda. Merupakan kerjasama antara Kesbangpol & Linmas Jawa Tengah dengan Universitas Diponegoro yang diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret dengan menghadirkan 2 narasumber, yaitu Prof. Dr. Nurdien H. Kistanto, M.A. (UNDIP) dan Dr. Ari Pradhanawati, M.S. (UNDIP/ Mantan Anggota KPU Jawa Tengah), dengan moderator Aminah, S.H., M.H. (Peer Group P3KHAM LPPM UNS), yang dihadiri oleh Peer Group P3KHAM, dosen UNS, dan mahasiswa UNS
  10. Study Visit ke Mahkamah Konstitusi RI, Komisi Yudisial RI, dan Komisi Pemberantasan Korupsi RMerupakan kerjasama antara P3KHAM LPPM UNS dengan Team Teaching Mata Kuliah Hukum Acara Mahkamah Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, yang diikuti oleh Peer Group P3KHAM, dosen FH UNS, dan mahasiswa FH UNS. Jumlah seluruh peserta berjumlah 88 orang.
  11. Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Pasal-Pasal UUD RI 1945 dengan tema “Upaya Memaksimalkan Tugas dan Fungsi Majelis Permusyawaratan yang Terbatas” ini merupakan kerjasama antara P3KHAM dengan MPR RI, yang diseenggarakan di LORIN Bussiness Resort.

Tahun 2008

  1. Penerbitan Jurnal “Voice of Constitution and Human Right” Volume 1 Nomor 2 Februari 2008, Volume 1 Nomor 3 Juni 2008, dan Volume 2 Nomor 1 Oktober 2008).
  2. Temu Ilmiah dengan Tema Mahkamah Konstitusi sebagai Pengawal Hak Konstitusi Warga Negara, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  3. Pementasan Wayang Kulit Kolosal dalam Rangka Sosialisasi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di Wonogiri.
  4. Launching Tax Centre, Kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia di TA TV Surakarta.
  5. Peserta dalam Seminar dan Lokakarya Nasional dengan tema Pengelolaan dan Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal    Akreditasi.
  6. Peserta dalam Kegiatan Temu Konsultasi HAM Bidang Pendidikan.Rapat Koordinasi Lanjutan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dengan Perguruan Tinggi, Fakultas Hukum, dan Pusat Kajian Konstitusi se-Indonesia.
  7. Narasumber dalam Workshop dengan Tema Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR).Diskusi Ilmiah dengan Tema Menguak Kasus Korupsi di DPR.
  8. Peserta dalam Seminar Hasil Penelitian tentang Hak Masyarakat Adat di Tiga Wilayah yaitu Suku Bayan di Nusa Tenggara Barat, Suku Dayak di Kalimantan Selatan, dan Suku Tau Taa di Sulawesi Tengah.
  9. Penelitian tentang Menghapus Impunity Kejahatan HAM (Tinjauan Kritis tentang Penggunaan Instrumen Pengadilan HAM Nasional dan Supra Nasional untuk Mengadili Pelaku Pelanggaran HAM di Indonesia)
  10. Pengabdian Masyarakat tentang Sosialisasi Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasca Perubahan (Amandemen) Bagi Pengurus/ Anggota Dewan Harian Angkatan 45 Cabang Sukoharjo.
  11. Temu Ilmiah dengan Tema Mahkamah Konstitusi dan Pembangunan Demokrasi di Indonesia, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  12. Sosialisasi Pemilu 2009 dengan Tema Hak Konstitusional Warga Negara dalam Pemilihan Umum 2009, Kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta.
  13. Penerbitan Jurnal Konstitusi, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  14. Obrolan Konstitusi di RRI Setiap Hari Jum’at (Minggu II dan IV) Bulan Oktober – Desember 2008, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  15. Obrolan Konstitusi di TA TV Setiap Hari Sabtu (Malam Minggu III) Tahun 2008, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Tahun 2007

  1. Penelitian tentang Urgensi Pengelolaan Sumber Daya Air Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia atas Perkara Nomor 058-059-060-063/PUU-II/2004 dan Perkara Nomor 008/PUU-III/2005.
  2. Penelitian tentang Analisis Peraturan Perundang-undangan di Bidang Kewarganegaraan.
  3. Seminar dengan Tema Upaya Penguatan Para Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP dan SMA sebagai Pengawal Konstitusi, se-Kabupaten Sragen.
  4. Seminar dengan Tema Pemberdayaan Masyarakat dalam Fungsi Legislatif DPRD, Kerjasama dengan Fakultas Hukum dan FKIP Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan UNS.
  5. Seminar Nasional dengan Tema Urgensi Penyelesaian Sengketa Kewenangan Lembaga Negara oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  6. Penelitian tentang Kajian Yuridis Vonis Ultra Petita terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  7. Penelitian tentang Implementasi Etika Kedokteran dalam Penanganan Malpraktek Medik di RS Moewardi Surakarta dalam Kerangka Penegakan HAM.
  8. Bimbingan Teknis Perda Inisiatif Bagi Anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo.
  9. Rapat Koordinasi Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dengan Pusat Kajian Konstitusi Seluruh Indonesia.
  10. Seminar Nasional dengan Tema Implementasi Putusan Mahkamah Konstitusi terhadap Sistem Perundang-undangan, Penyelenggaraan Pemerintahan, dan Penegakan Hukum, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  11. Penelitian tentang Pengelolaan Sumber Daya Air Berdasarkan Pasal 33 UUD 1945 (Implementasi Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia terhadap Judicial Review Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air di Wilayah Eks Karisidenan Surakarta), Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  12. Pelatihan Legal Drafting Transaksi Syariah Bagi Notaris dan Calon Notaris se-Jawa Tengah.
  13. Uji Sahih Rancangan Undang-Undang tentang Administrasi Pemerintahan dengan Tema Urgensi Penataan Administrasi Pemerintah dalam Kedudukan Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah, Kerjasama dengan Panitia Perancang Undang-Undang Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.
  14. Penelitian tentang Implementasi Putusan Ultra Petita terhadap Pemenuhan HAM Berdasarkan Pasal 28 UUD 1945 (Studi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 006/PUU-IV/2006 tentang Pengujian Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2004 Tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi), Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  15. Diskusi Publik dengan Tema Rancangan Undang-Undang Republik Indonesia tentang Pengelolaan Lahan Pertanian, Pangan Abadi, dan Rancangan Undang-Undang Republik Indonesia tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan, Kerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.
  16. Bedah Kasus dengan Tema Memahami Budaya Perempuan Miskin dalam Proses Peradilan Pidana, Kerjasama dengan LPBHAP Sarasvati.
  17. Seminar Regional dengan Tema Aspek Hukum Perlindungan HAM dalam Transaksi Terapeutik Bagi Tenaga Kesehatan, Kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia Cabang Surakarta dan Ikatan Bidan Indonesia Cabang Surakarta.
  18. Sosialisasi Hukum dan Konstitusi, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di TA TV Surakarta.
  19. Sosialisasi Hukum dan Konstitusi, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di RRI Surakarta.
  20. Pembuatan Buku Sosialisasi RANHAM, Kerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta.
  21. Penerbitan Jurnal “Voice of Constitution and Human Right” Volume 1 Nomor 1 Oktober 2007.
  22. Diskusi Ilmiah dengan Tema Kewenangan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dalam Menyongsong Pemilu 2009.
  23. Temu Wicara dengan Pemda Wonogiri, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  24. Temu Wicara dengan Pemda Sragen, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  25. Lokakarya Kurikulum Fakultas Hukum Mata Kuliah Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dan Fakultas Hukum UNS.26. Lokakarya Pengalihbahasaan UUD 1945 ke dalam Bahasa Ibu/ Daerah (Jawa Krama Madya).
  26. Obrolan Konstitusi di RRI Setiap Hari Jum’at (Minggu IV) Tahun 2007, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  27. Obrolan Konstitusi di TA TV Setiap Hari Sabtu (Malam Minggu III) Tahun 2007, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Tahun 2006

  1. Pengkajian Perkara tentang Model Pengawasan dan Pembentukan Organisasi Notaris: Kajian Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris terhadap UUD 1945, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  2. Penelitian tentang Analisis Peraturan Perundang-undangan di Bidang Kewarganegaraan.
  3. Pengabdian Masyarakat tentang Sosialisasi UUD 1945 Amandemen dan HAM, pada Guru-Guru Mata Pelajaran se-Kabupaten Sragen.
  4. Pengabdian Masyarakat tentang Konfigurasi Mahkamah Konstitusi sebagai Lembaga Negara (dalam Perspektif Material dan Formil).
  5. Seminar Nasional dengan Tema Putusan Mahkamah Konstitusi dalam Perkara Judicial Review dan Dampaknya bagi Penyelenggaraan Pemerintahan, Kerjasama dengan Konsorsium Reformasi Hukum NasionalNarasumber dalam Kegiatan Sosialisasi RANHAM di Kabupaten Wonogiri.
  6. Narasumber dalam Kegiatan Sosialisasi RANHAM di Pemerintah Kota Surakarta.
  7. Pelatihan Legal Drafting tentang Kebutuhan Perempuan di 4 Kabupaten (Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, dan Sragen), Kerjasama dengan Yayasan Krida Paramita.

Tahun 2005

  1. Penelitian tentang Tinjauan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air Berdasarkan Pasal 33 UUD 1945.
  2. Pengkajian Perkara tentang Potensi dan Ancaman terhadap Lingkungan (Kajian terhadap Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2004 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang kehutanan menjadi Undang-Undang terhadap UUD 1945), Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  3. Penelitian tentang Implikasi Undang-Undang Sumber Daya Air terhadap Kelestarian Lingkungan, Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
  4. Seminar Rekruitmen Hakim, Kerjasama dengan Komisi Yudisial.
  5. Diskusi dengan Tema Perancangan Peraturan, Kerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.